;
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Wednesday, May 29, 2013

Berbagi Informasi Lokasi dengan Google Latitude

Wednesday, May 29, 2013

Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang Google Latitude, Google Latitude merupakan layanan yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi lokasi tempat mereka berada dengan teman dan keluarga. Walaupun demikian, fitur ini tidak akan menunjukkan lokasi spesifik tempat pengguna berada tapi memberikan informasi bahwa pengguna sedang berada di suatu lokasi pada waktu tertentu. Cara penggunaannya cukup mudah, seseorang harus memiliki akun Google terlebih dahulu lalu akses halaman www.google.com/latitude. Seseorang juga bisa mengundang teman dan keluarga untuk bergabung dengan Google Latitude. Setelah mereka bergabung, pengguna dapat melihat foto mereka muncul di atas Google Maps yang dapat diakses melalui perangkat mobile ataupun PC dan laptop. Dari situ seseorang dapat mengetahui di mana teman dan keluarga berada.
Tidak hanya itu saja, setelah seseorang melihat foto mereka muncul, pengguna bisa klik pada foto tersebut dan melakukan chat, mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka. Petunjuk jalan pun tersedia di Google Maps jika pengguna ingin menemui temannya tersebut.
Jika pengguna ingin menyembunyikan lokasi di mana dia berada, Google Maps memungkinkannya untuk mengatur tampilan lokasi tempat dia berada, sehingga hanya bisa dilihat oleh teman atau keluarga yang dipilih.

Untuk mendownload Google Maps di perangkat sobat silahkan akses link berikut:
Setelah terinstal di perangkat sobat, jalankan aplikasinya:

Pilih pada Menu, lalu klik Join Latitude.

  1. Kemudian Masukkan Google Account sobat.
  2. Begitu masuk, Google Latitude langsung menampilkan lokasi, dan daftar yang masih berisi account sobat saja. Pilih Add Friends untuk menambah teman.
  3. Masukkan e-mail teman sobat (harus e-mail dari Google).
  4. Begitu request sobat disetujui oleh teman sobat, maka namanya akan muncul di daftar.
  5. Klik namanya, dan di opsi yang muncul, klik See Map.

Maka dengan seketika lokasi teman sobat saat itu akan terlihat begitu juga sebaliknya.

Menarik sekaligus mengkhawatirkan, bukan? Jika sobat merasa khawatir akan posisi sobat bisa diketahui oleh orang lain atau orang tertentu, maka Google Latitude bisa di-setting sedemikian rupa agar privasi sobat tetap terjaga.

Contoh pertama, seandainya sobat ingin bersembunyi dari orang tertentu, pacar misalnya, maka pilih namanya, lalu pilih opsi Hide from this friend.

Atau untuk setting secara globat, di dalam daftar awal, pilih tab Privacy. Di situ sobat bisa memilih opsi Set your location yang berfungsi dalam menentukan posisi secara manual. Jadi, kemanapun sobat jalan, posisinya akan tetap berada di lokasi yang sama. Atau opsi Hide your location, dimana semua teman sobat yang ada di daftar tidak bisa melihat posisi sobat. Atau opsi terakhir, yaitu keluar dari Latitude.

Semoga bermaanfaat sob.


Zul Rianto - 11:26 AM

0 komentar :

Post a Comment