;
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Monday, March 25, 2013

Hati-Hati Dengan Halaman Phising Facebook

Monday, March 25, 2013

 Hati-Hati Dengan Halaman Phising Facebook
Facebook
Tulisan kali ini saya hanya ingin berbagi informasi tentang Phishing Facebook. Bukan cara membuatnya tetapi lebih kepada informasi agar sobat tidak terjebak dengan Phising Facebook.

Apa itu phishing? Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Contohnya seperti pada gambar dibawah ini:

 Hati-Hati Dengan Halaman Phising Facebook
Phising Facebook

Biasanya nih kita penasaran dengan berita seperti itu, dan ingin mengaksesnya. Maka dikliklah link di foto tsb. Dan akan terbuka seperti gambar dibawah ini:

 Hati-Hati Dengan Halaman Phising Facebook
Phising Facebook

Itulah Halaman Phising Facebook sob, dan jika sobat masukkan E-mail dan Password Akun Facebook sobat maka sukseslah si Penipu mendapakan Akun Facebook sobat. Coba sobat perhatikan Adress bar yang saya lingkari, seharusnya alamatnya adalah www.facebook.com

Sebenarnya Teknik Phising ini bukan hanya terjadi pada akun FB, tapi bisa juga pada akun lainnya seperti Liberty Reserve, PayPal, i-Banking dan website penting lainnya, biasanya mereka mengirim kita email seolah-olah akun kita sedang bermasalah.

Saran saya, jangan sembarangan mengisi email dan password di form yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Zul Rianto - 7:56 PM

2 komentar :

Damar autobody said...

Makasih infonya bro, tapi saya sudah kejebak dan akun fb tidak bisa diselamatkan.

Zul Rianto said...

Wah... kejebak Phising ya Sob.

Post a Comment