;
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Tuesday, January 22, 2013

Aplikasi Gempa Untuk Android

Tuesday, January 22, 2013

Hidup di daerah Ring Of Fire atau Cincin Api sedikit banyak pasti membuat kita selalu was-was. Gempa bisa terjadi kapan saja, siang, malam, pagi atau bahkan disaat kita sedang tertidur. Dan sampai saat ini belum ada Teknologi yang bisa memprediksi dengan tepat kapan dan dimana akan terjadinya Gempa, walau ada beberapa Ahli Gempa yang membuat Prediksi berdasarkan Ilmu yang mereka miliki. 

Dan itu hanyalah sebuah prediksi, bisa terjadi dan bisa tidak, namun tidak ada salahnya kita menjadikan Prediksi ini sebagai sumber referensi. Saya pribadi sering menggunakan prediksi mereka hanya sekedar untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena Prediksi itu bukan untuk menakut-nakuti kita, justru untuk meningkatkan kewaspadaan kita.

Jadi jika nanti sobat menerima SMS/BBM atau info yang menyatakan akan terjadi gempa dengan kekuatan sekian pada tanggal sekian di suatu lokasi, jangan terpancing dengan isi itu, karena seperti yang saya tulis diatas, sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediksi dengan tepat kejadian Gempa.

Khusus untuk sobat yang mempunyai Perangkat Android, berikut saya referensikan Aplikasi Gempa yang sangat membantu jika terjadi Gempa. Paling tidak kita bisa segera evakuasi begitu terjadi gempa kuat. Aplikasi ini akan memberikan Pemberitahuan segera setelah terjadi Gempa.

Aplikasi ini bisa di Download di PlayStore. Gratis.


Informasi Gempa ini berasal dari Berbagai lembaga, kita bisa mensetting sendiri parameter yang kita inginkan, aplikasi ini tidak ada iklan, peta interaktif, sistem pemberitahuan, jarak pusat gempa dan waktu update.

EQInfo mendukung fitur berikut:
1. Daftar gempa bumi terbaru menunjukkan besarnya, wilayah, waktu lalu, arah / jarak ke pusat gempa.
2. Gempa rincian termasuk peta ikhtisar. New: Halaman melalui solusi dari lembaga yang berbeda
3. Peta gempa terbaru
4. Pilihan untuk menyaring informasi gempa dengan magnitude, kedalaman waktu, dan wilayah
5. Konfigurasi sumber data, interval update, geolocation dan unit pengukuran
6. Latar Belakang update dan pemberitahuan

EQInfo mengambil informasi gempa dari instansi berikut:
- GFZ German Research Centre for Geosciences, http://geofon.gfz-potsdam.de
- Pusat Eropa-Mediterania Seismologi (EMSC), http://www.emsc-csem.org
- Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), http://www.usgs.gov
- Indonesia Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), http://inatews.bmkg.go.id
- Sumber Daya Alam Kanada (NRCan), http://earthquakescanada.nrcan.gc.ca
- Spanisch National Geographic Institute (IGN), http://www.ign.es
Pengguna memiliki kontrol total dalam mendefinisikan mana lembaga akan memiliki preferensi yang lebih tinggi atau lebih rendah. Setelah pengaturan EQInfo ini akan mengurus menggabungkan solusi untuk Anda, mempertimbangkan preferensi pengaturan.
EQInfo mencoba untuk meminimalkan baik volume data dan waktu update. Jika didukung, kriteria filter Anda summited ke agen untuk server-side filtering. Juga format data yang paling kompak yang dipilih untuk transmisi. Dengan menggunakan pendekatan jumlah data ditransfer adalah 5-10 kali lebih kecil daripada mengambil RSS feed. Seringkali daftar gempa dari satu lembaga ditransfer dalam tidak lebih dari 2KB.


Videonya:




Zul Rianto - 8:28 PM

0 komentar :

Post a Comment