;
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Saturday, February 16, 2013

Rahasia Stamina Baterai Smartphone

Saturday, February 16, 2013

Rahasia Stamina Baterai Smartphone
Hemat Baterai
Sebelum mudik atau jalan-jalan seru bersama teman atau keluarga, jangan lupa perhatikan kondisi hape. Salah satu yang sering ‘kedodoran’ saat jalan-jalan adalah kemampuan baterai, tanpa sadar selagi jalan-jalan kondisi hape kerap terlupa, semisal banyak chatting dan Fb-an tapi lupa mengisi baterai atau tak sempat misalnya.

Nah, berikut ada tips dari David Pogue, seorang kolumnis dari New York Times yang memberikan tips/langkah-langkah untuk meningkatkan stamina baterai. Ide awal tips dari Pogue difokuskan pada hape iPhone, tapi ada beberapa langkah yang dirasa bisa diterapkan sebagai tips standar bagi hape-hape pintar dari platform lain, seperti Symbian, Windows Mobile, Android dan BlackBerry. Tips ini rasanya cukup berguna untuk memaksimalkan daya tahan baterai buat Anda yang akan bepergian dan mempunyai keterbatasan sumber listrik

1. Matikan push email.
Namanya juga mau liburan, sebaiknya lepaskan dulu kepenatan yang terkait urusan sekolah atau kerjaan, termasuk matikan push email. Tidak diragukan lagi, memaksa iPhone/Windows Mobile untuk memeriksa email baru setiap 15 menit (auto retrieve)- terutama jika Anda memiliki beberapa account - bakal membuat baterai akan cepat terkuras. Hal ini juga dapat membunuh produktivitas Anda. Push email yang terus aktif terbukti cepat menguras baterai, contoh pada BlackBerry yang cenderung haus energi baterai. Beritahu teman dan rekan kerja bahwa jika harus menghubungi Anda segera, kirimlah pesan via SMS.

2. Matikan layanan lokasi.
Banyak aplikasi berbasis GPS (global positioning system) yang aktif ketika tidak benar-benar diperlukan, salah satunya kerap terjadi pada hape Android. Turn off GPS dapat meningkatkan stamina baterai secara signifikan.

3. Matikan pemberitahuan (notifikasi)
Semua yang berkaitan dengan notifikasi ada di menu settings, matikan (turn off) notifikasi yang tidak terlalu penting, seperti pada sound dan home screen.

4. Matikan Manual Aplikasi di Background
Secara tak sadar, bisa saja hape yang Anda lihat ‘anteng’ nyatanya ada beberapa aplikasi yang berjalan dibelakangnya (background). Dalam bahasa lain, pada smartphone istilah ini juga disebut kemampuan multi tasking. Beberapa aplikasi yang kerap jalan di background seperti contact, album dan media player. Untuk memastikannya, Anda harus lakukan End task aplikasi dari menu setting.

5. Turunkan kecerahan layar Jika pengaturan kecerahan (brightness) layar di hape Anda maksimal, cobalah turunkan sampai 50% saja. Percayalah, langkah ini dapat menghemat masa hidup baterai Anda.

6. Jauhkan hape dari saku Anda.
Tahukah Anda bahwa hape akan lebih cepat ‘panas’ bila terus-terusan ditaruh dalam saku celana, pasalnya manusia juga mengeluarkan panas tubuh. Dengan menjauhkan hape dari saku, selain bisa meminimalkan tingkat radiasi, kemungkinan Anda untuk mengutak atik dan pegang-pegang hape juga semakin kecil, jelas secara keseluruhan betarai hape akan lebih hemat dalam moda siaga.

Namun jika sobat membawa Power Bank gak perlu khawatir :)

Sumber : selular.co.id

Zul Rianto - 5:42 PM

0 komentar :

Post a Comment